Review Mobil dan Info terbaru

Selasa, 26 Juli 2011

GM memperbaiki wajah Estate sehingga lebih indah. Sayang, minim penyempurnaan.

Model yang diuji Chevrolet Estate 1.6 LS AT
* Harga Rp 182.950.000
* Tenaga 110 hp
* Torsi 150 Nm
* 0-100 kpj 13, 4 detik
* Konsumsi BBM 9,4 kpl
* 80-0 kpj 27,5m
Kami suka
* Value for money.
* Nyaman dikendarai.
* Praktikalitas

Kami tidak suka:
* Respon transmisi yang lambat.
* Kurang berperforma.
* Pandangan ke belakang yang tidak maksimal.

Kehadiran Chevrolet Estate membuat General Motors menjadi satu-satunya pemain di kelas station wagon medium to low di Tanah Air. Dari segi produk, Estate adalah mobil global buah kerjasama GM Dewoo dan Suzuki, dan kombinasi satu-satunya pemain di kelas station wagon medium dan produk global, adalah jurus Estate memikat pembeli.

Lalu, apa yang diperlukan sebuah estate untuk merayu pembeli? Apakah jok baris ketiga seperti milik para MPV? Mungkin saja. Namun, Estate yang berbasis sedan memiliki keunggulan lain, yakni dari segi kenyamanan, dan keamanan. Tapi, apakah cukup untuk merayu pembeli? Lalu bagaimana performanya? Nah, untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, kami pun menguji Estate sepanjang 1.900 km melintasi medan yang bervariasi baik dalam dan luar kota.

Desain dan Rekayasa

Di Indonesia, Estate generasi kedua berbagi basis dengan Chevrolet Optra Magnum sedan. Jika dibandingkan dengan Estate generasi perdana, Estate baru ini berdimensi lebih panjang 8 mm. Garis bonnet-nya juga menjadi lebih landai ketimbang Estate terdahulu. Perubahan bonnet ini, bertujuan untuk memperbaiki daya pandang ke depan dan ke samping bonnet yang dahulu terganggu oleh bentuk bonnet yang mengotak. Estate telah menggunakan chassis bertipe monokok yang menawarkan proteksi lebih baik saat terjadi tabrakan, karena menggunakan lebih banyak baja. Kelemahannya adalah bobotnya menjadi lebih berat (1.285 kg) yang berdampak pada performa kendaraan ini.

Estate tidak memiliki bangku baris ketiga yang membuatnya kalah dari MPV 7-seater, dalam hal daya angkut penumpang. Namun, Estate bisa memuat lima penumpang dewasa dengan tambahan barang berkat ruang bagasi Estate yang luas. Berbeda dengan Estate, jika MPV 7-seater dipenuhi penumpang, konsekuensinya ruang bagasi menjadi sangat kecil. Alhasil jika ingin membawa banyak barang, maka bangku baris ketiga harus dilipat dan akhirnya mobil hanya bisa dinaiki oleh lima penumpang saja dengan nyaman. Artinya, sama saja bukan?

Interior
Kualitas material kabin Estate lebih baik ketimbang Nissan Grand Livina 1.8 XV MT. Tak seperti Nissan Grand Livina, aplikasi plastik lembut di dashboard, lingkar kemudi, trim hingga transmisi Estate, berhasil memberi kesan mewah. Sementara itu, layout dashboardnya juga dibuat sederhana agar pengendara mudah melempar pandangannya ke depan, dan mudah untuk mengakses tombol AC dan CD player, serta informasi yang ada di panel indikator.

Posisi mengemudi di Chevrolet Estate juga bagus. Sokongan jok pengemudi lengkap dengan lumbar support, dan penyesuai tinggi jok, turut membantu memaksimalkan posisi mengemudi. Memaksimalkannya, lingkar kemudinya juga dapat diatur sudut kemiringannya (tilt steering). Terdapat total 16 tempat penyimpanan yang tersebar di dalam kabinnya.

Performa
Hanya tersedia satu pilihan mesin, E-TEC II berkapasitas 1,6 liter yang mampu mengeluarkan tenaga puncak sebesar 110 hp pada 5.800 rpm, dengan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm, serupa dengan yang dipakai oleh Chevrolet Optra Magnum. Mesin ini bersanding dengan transmisi otomatis 4-speed.

Performa mesin Estate otomatis ini terbilang cukup baik. Namun, aplikasi gear rasio transmisi yang rapat membuat akselerasi Estate tidak cukup cepat. Untuk berakselerasi 0-100 kpj, Estate membutuhkan waktu 13,4 detik. Rasio gear yang rapat (kecil) juga kurang sesuai dipakai pada kondisi lalu lintas stop and go, serta jalur mendaki. Sebaliknya, rasio gear yang rapat ditujukan untuk mengakomodir putaran mesin yang tinggi, ketika Anda melaju kencang.

Pemilihan gear rasio yang rapat dapat dimaklumi. Mengapa? Karena sejatinya mobil keluarga tidak dirancang untuk berakselerasi dengan cepat dalam jarak pendek. Sebaliknya, dikecepatan menengah dan tinggi, rasio gear yang rapat amatlah menyokong performa Estate. Anda bahkan tidak akan mengira mobil ini adalah mobil keluarga, tetapi layaknya sedan mid-saloon lansiran Jepang.

Pengendaraan dan Pengendalian
Estate memakai suspensi MacPherson strut di depan, dan dual link di belakang yang sangat efisien untuk menghemat tempat dan biaya. Sayangnya, jenis suspensi dengan desain yang sederhana seperti ini, tidak menawarkan pengendalian yang baik. Pasalnya, bodi roll dan pergerakan roda akan membentuk variasi camber (sudut kemiringan roda yang bervariasi). Dampaknya, mobil tidak akan mantap saat melibas tikungan cepat.

Kondisi ini tidak terbantu oleh aplikasi sistem power steering hydraulic milik Estate. Dengan sistem ini, kemudi akan ringan dikendalikan saat kecepatan rendah. Sayangnya, tetap ringan saat kecepatan tinggi. Mengapa? Karena pompa hidrolis bekerja konstan pada saat mesin hidup. Alhasil, kemudi Estate tidak memiliki akurasi yang tinggi untuk sebuah mobil berbasis sedan. Persoalan ini menjadi pekerjaan rumah bagi Chevrolet.

Membeli dan Memiliki
Dua varian Chevrolet Estate, betransmisi manual dan otomatis telah dilengkapi dengan airbag di posisi pengemudi, immobilizer, cooling box, rem ber abs, dan garansi tiga tahun tanpa batas kilometer. Paket yang menarik itu juga ditunjang oleh fleksibilitas yang tinggi sebagai kendaraan keluarga. Performa Estate juga cukup baik.

Estate dapat diisi oleh bahan bakar premium (RON 88) yang lebih ekonomis. Dan konsumsi bahan bakar dalam kotanya bahkan lebih baik ketimbang new Honda Jazz. Estate menorehkan angka 9,4 kilometer per liter, sementara new Honda Jazz (icon kendaraan hemat dan bermesin lebih kecil) membukukan 9,1 km per liter bensinnya. Namun di rute luar kota yang menempuh jalanan yang panjang, berliku dan mendaki, konsumsi bahan bakarnya mencapai 9,7 kpl.

Penilaian Autocar
Nilai kepraktisan dan efisiensinya masih mengungguli rival-rival di kelasnya.

Dia cukup sempurna di semua sisi, dan merupakan Estate yang di desain serta di rekayasa dengan pintar. Fakta lainnya adalah, mobil ini menawarkan pula value for money yang sempurna, garansi tiga tahun tanpa batas kilometer, serta kelengkapan standar mewah semacam AC, MP3/CD player double din, lengkap dengan koneksi i-Pod, dan immobilizer yang jarang diberikan oleh para pesaingnya. Inilah daya tarik lain yang bisa membantu penjualannya.

untuk gambar, klik link di bawah ini 
daftarhargamobil.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls